'Potang Balimau' Tradisi Adat Tak Lekang Dimakan Waktu

rohulnews.com - 2012-07-20 20:51:57
'Potang Balimau' Tradisi Adat Tak Lekang Dimakan Waktu

Ket Foto :Bupati Achmad mandikan sejumlah anak-anak di Dusun Nogori. Kegiatan ini adalah salahsatu prosesi tradisi adat "Potang Balimau" di Rohul.

RohulNews-(Pasirpengaraian), Tradisi "Potang Balimau" di Sungai Batang Lubuh Dusun Nogori, Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Jumat (20/7/2012) sore, dipadati ribuan masyarakat.

Tradisi turun temurun tersebut masih menjadi daya tarik masyarakat segala usia dalam menyambut masuknya awal Ramadhan yang ditetapkan pemerintah jatuh pada Sabtu besok (21/7/2012).

Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad M.Si, hadir dalam kegiatan ritual agamis menyambut Ramadhan, termasuk Sekda Rokan Hulu Ir Damri, Wakapolres Kompol Arsyad Siregar, Kakankemenag Drs H Achmad Supardi Hasibuan MA, Ketua TP PKK Rokan Hulu Hj Maghdalisni Achmad, Ketua Pengadilan Agama, Ketua IPHI Rokan Hulu, para kepala dinas, badan, Kantor, Camat Rambah, Kades Babussalam, ribuan masyarakat dan tokoh agama.

Pada sambutannya, Bupati Achmad menghimbau, agar seluruh elemen masyarakat bisa melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Dan tradisi potang bolimau yang dilaksanakan, hanya merupakan bentuk tradisi turun temurun, dimana kegiatan itu memiliki makna mensucikan diri dengan harum-haruman sebelum melaksanakan ibadah puasa.

"Yang terpenting, melaksanakan ibadah puasa dengan ikhlas sesuai perintah Allah. Kita melihat, antusias masyarakat setiap tahunnya yang hadir begitu banyak, untuk mengikuti potang bolimau yang dilaksanakan. Bukan hanya di Rokan Hulu, di daerah lainnya juga melaksanakan hal yang sama dan intinya mensucikan diri sebelum berpuasa," paparnya.

Bupati berharap, dengan pelaksanaan ibadah puasa mulai Sabtu besok, sesuai keputusan pemerintah, maka sebagai warga dan umat muslim wajib mengikuti keputusan tersebut.

Disela-sela kegiatan potang Bolimau yang di tepian Sungai Batang Lubuh, ribuan masyarakat baik orang dewasa, pemuda sampai anak-anak ikut berlimau samo. Bupati juga memandikan anak-anak setempat sebagai tradisi adat orang yang dituakan.**(pis*)
Terkait
Indeks Berita Rabu, 23 Juli 2014
© 2011 rohulnews.com All Right Reserved | Redaksi rohulnewsdotcom | Susunan Redaksi | Hubungi Kami