Dilarang Mencopy atau memperbanyak tulisan ini, Berita Hari Ini :

Dishubkominfo Sosialisasikan Perbub Tentang Warnet dan Internet Sehat

rohulnews.com - 2013-09-24 18:51:02
Dishubkominfo Sosialisasikan Perbub Tentang Warnet dan Internet Sehat

Ket Foto :RHN-Kadishubkominfo Rohul Drs. H.M Rivai Nasution

RohulNews-(Pasirpengaraian), Dengan semakin berkembangnya teknologi internet, menguntungkan dalam perkembangan diera globalisasi. Walau sudah memasuki dunia global, fasilitas itu harus terkontrol sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi pengunanya.

Bahkan Pemkab melalui Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Rokan Hulu, gelar sosialisasi terkait Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 46 Tahun 2012 tentang Warung Internet (Warnet) dan Internet Sehat. Hal itu, agar seluruh pengusaha warnet di Rokan Hulu bisa mengelola dengan sebaik mungkin dan tidak menuimbulkan efek negatif bagi generasi muda, khususnya para anak sekolah, di Hotel Gelora Bhakti Pasir Pangaraian, Selasa (24/9/2013).

Kegiatan sosialisasi itu diikuti 100 perserta, terdiri dari Guru, pelajar, Pengusaha internet, Lembaga masyarakat, yang dihadiri Asisten Tata Pemerintahan, Drs. M. Munif, MSi juga sebagai narasumber, perwakilan pejabat, Dinas, Badan dan Kantor lainnnya, dengan menghadirkan narasumber lain Kabid UPTD Media Center Dishub Riau, Master, KPID Riau Tatang dan MUI Drs. H. Hasbi Abduh.

Informasi Kepala Dishubkominfo, Drs. H.Muhammad Riva’i Nasution mengatakan, dalam Perbub nantinya diatur terkait larangan bagi para pengusaha Warnet, yang harus melarang pelajar jika pakai seragam sekolah di lokasi warnet. Dimana batas waktu untuk usia remaja sampai pada pukul 22. 00 wib, tudak dibenarkan menyeiakan situs tidak sehat (Porno-red).

Mengatur dan merealisasikan hal itu, menurut Rivai, nantinya seluruh bilik warnet juga tidak dibenarkan menyediakan ruangan tertutup. Dan bilik-bilik itu harus bisa terpantau tidak ada bilik tertutup, maksimal biliknya setinggi 70 centi meter, jika pengusaha Warnet tetap melanggarnya maka akan diberi sanksi berat yakni dengan menutup usaha itu .

"Kita menghimbau, bagi seluruh pengusaha warnet untuk pelajar bukanya hingga Pukul 22.00 Wib. Sedangkan untuk pelanggan dewasa sampai pukul 02.00 Wib dini hari," himbau Rivai.

Untuk pengawasan nantinya, Dishubkominfo jelas Rivai, akan berkoordinasi dengan Satpo PP Rokan Hulu. Karena tupoksi Satpol PP menegakkan Perda serta Perbub. Diakui Rivai, saat ini banyak di kalangan remaja-remaja pergi ke warnet jadi alasan ke orang tuanya, agar bisa berpergian pacaran. Sehingga semua elemen diajak, pro aktif melakukan pengawasan bagi generasi muda, sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan tidak baik.

Menurut Ketua MUI Rokan Hulu Drs. H. Hasbi Abdul menyatakan, kedepannya MUI berencana juga membuat pengusaha warnet agar mewujudkan warnet sehat dengan langkah strategis yang akan dilakukan, yakni melakukan Momerandum Of Undrestanding (MoU) antara Dishukominfo dan MUI Rokan Hulu dengan pengusaha warnet.

Sedangkan menurut salah seorang pengusaha Warnet Tiga Limo Kota Ujung Batu, juga Ketua PAC PP Kota Ujung Batu Hardianto menyatakan, pihaknya siap ikut menciptakan warnet sehat sesuai intruksi Pemkab, sebab menurutnya kemajuan tekhnologi ibarat dua mata pisau, karena bila masyarakat buta dengan teknologi internet sangat tidak baik. Dampak positif dari tekhnologi sangat banyak pada kemaslahatan umat.**(Humas/Adv)
Terkait
Indeks Berita Kamis, 27 November 2014
© 2011 rohulnews.com All Right Reserved | Redaksi rohulnewsdotcom | Susunan Redaksi | Hubungi Kami