Kabupaten Rohul Kedua Kalinya Terima Investment Award 2013

rohulnews.com - 2013-11-19 22:04:41
Kabupaten Rohul Kedua Kalinya Terima Investment Award 2013

Ket Foto :RHN-BKPM INVESTMENT AWARD 2013 (penghargaan kepada nominee penyelenggara PTSP-PM kabupaten dan kota terbaik 2013)

RohulNews-(Pasirpengaraian), Kabupaten Rokan Hulu untuk kedua kalinya, menerima penghargaan di dunia investasi atau Investment Award tingkat nasional, yakni Investment Award Tahun 2011 dan Investment Award Tahun 2013.

Dua tropy dan piagam kedua kalinya diterima langsung Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad M.Si dari Wakil Presiden RI, Boediono, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (19/11/2013) pagi. Dimana sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Mahendra Siregar di Ballroom JW Marriott Hotel, Jakarta, Senin (18/11/2013) malam, mengumkan Kabupaten Rokan Hulu masuk nominasi sebagai penerima Investment Award Tahun 2013.

Rokan Hulu termasuk daerah Peringkat ke III terbaik Se Indonesia dalam penghargaan dalam Investment Award 2013, sebanyak 20 Kabupaten/kota di Indonesia menerima piala dan piagam penghargaan terbaik tahun 2013 di selenggarakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu-Penanaman Modal (PTSP-PM), di Ballroom JW Marriott Hotel, Jakarta.

Piagam dan penghargaan langsung dianugerahkan, Wakil Presiden RI, Boediono, kepada ke 3 kepala daerah, termasuk Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad M.Si, dihadiri sejumlah pejabat, Eselon II dan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Rokan Hulu.

Kepala BKPM-RI, penanaman modal di Indonesia tumbuh pesat, dahulunya Investasi dalam negeri berbanding satu-dua dengan modal asing, sekarang malah berbalik menjadi dua-satu, bahkan dalam 1 itu juga terdapat modal-modal pengusaha dalam negeri.

"Begitu juga sebaliknya bila tidak kami juga berpesan untuk tidak usah repot-repot untuk mempromosikan, karena kami juga tidak akan mempromosikan daerah tersebut," ujar Siregar.

Kaban BKPM-RI mengatakan, tahun depan daerah terbaik akan dilakukan kunjungan ke daerah sebelum award 2014 nanti, ini menunjukkan tanggung jawab terhadap daerah telah sumgguh-sungguh melakukan komitmen dalam memberikan suasana kondusif untuk investasi di daerahnya, negara itu kuat bertumpu kepada daerah juga harus kuat.

Indikator dasar penilaian sebuah daerah layak untuk mendapatkan predikat terbaik antara lain kelembagaan instansi pelayanan penanaman modal, pelayanan perizinan usaha, dukungan teknologi dan sistem informasi penanaman modal dan perizinan, mekanisme pengaduan dan evaluasi kinerja pelayanan, ketersediaan dan kualitas informasi layanan dan potensi daerah serta inovasi dan keberhasilan.

Investment Award penghargaan diberikan pada pemerintahan daerah serta perusahaan dinilai berhasil mengait penanam modal, penghargaan ini diharapkan bisa memacu penciptaan iklim investasi yang baik di setiap daerah. "Penanaman modal memiliki peran penting, tidak hanya membantu pertumbuhan ekonomi, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan serta mengurangi angka pengangguran," ucap Siregar.

Bupati Rokan Hulu mengatakan, beberapa indikator penilaian dari panitia penyelenggra sudah dapat terpenuhi Pemkab Rokan Hulu sehingga pengharagaan dapat diraih dan diharapkan pemberian penghargaan ini menjadi daya tarik untuk mendorong pelaku usaha agar bersedia menanamkan modal di Rokan Hulu.

Adapun nominasi penerima penghargaan untuk kategori kabupaten yakni Aceh Tamiang, Samosir, Agam, Batang Hari, Rokan Hulu, Siak, Bintan, OKI, Belitung, Bandung, Cirebon, Batang, Demak, Jepara, Kebumen, Banyuwangi, Lamongan, Banjar, Pinrang, Kepulauan Sangihe, sedangkan untuk katergori kota yakni kota, Langsa, Sabang, Payakumbuh, Banjar, Surakarta, Pasuruan, Probolinggo, Singkawang, Tarakan dan Pare-pare.

Setelah Rokan Hulu ditetapkan menjadi salah satu penyelenggara nominasi, PTSP-PM 2013 Terbaik diumumkan, pada senin malam 18 November 2013 di Ballroom JW Marriott Hotel, saat itu Rokan Hulu diumumkan keluar sebagai peringkat ke III terbaik se-Indonesia sebagai penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Penanaman Modal (PTSP-PM), maka pada selasa 19 November 2013 Bupati Rokan Hulu berhak terima piala penghargaan langsung dari Wakil Presiden Republik Indoesia (Wapres-RI) DR Budiono.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Istana Wapres RI, Rokan Hulu dapat meraih peringkat ke 3 dari 462 Kabupaten kota Se-Indonesia sudah terbentuk PTSP-PM. PTSP itu kegiatan penyelenggaraan suatu perizinan dan non perizinan mendapat pendelegasian atau pelimpahan wewenang dari lembaga atau instansi, memiliki kewenangan perizinan dan non perizinan proses pengelolaannya dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat sesuai tertuang dalam pasal 1 ayat 4 dan 5 Peraturan Presiden (Perpers) RI Nomor 27 Tahun 2009 dan.

Dijelaskan Achmad, bahwa perizinan segala bentuk persetujuan untuk melakukan penanamanmodal dikeluarkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Ini bertujuan untuk mendorong kualitas penyelenggaraan layanan PTSP-PM kabupaten/kota, selain itu usaha BKPM untuk memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan PTSP-PM di daerah daerah masing-masing," kata Achmad.**(Humas/Adv)
Terkait
Indeks Berita Rabu, 23 Juli 2014
© 2011 rohulnews.com All Right Reserved | Redaksi rohulnewsdotcom | Susunan Redaksi | Hubungi Kami